Malin Evon Lessy, 190102039 and Ruindungan, Max and Waney, Mercy (2022) PERAN GURU DALAM MENGATUR LINGKUNGAN BELAJAR LINGKUNGAN YANG KONDUSIF. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (58kB)
abstrak.pdf
Download (8kB)
daftar isi.pdf
Download (153kB)
BAB V.pdf
Download (150kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam pengenalan lingkungan belajar yang kondusif dan factor apa yang menyebabkan sehingga pelayanan peran guru kurang baik dalam pendidikan anak usia dini dan subjek-subjek apa saja yang sudah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di TK Bukit Zaitun Ranomuut.
Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada orang tua murid dan juga kepada guru di sekolah. Dari hasil analisis dan intepretasi data diperoleh indikasi bahwa peran guru dalam pengenalan lingkungan belajar yang kondusif belum maksimal masi ada beberapa anak yang memiliki aspek-aspek yang kurang baik.
Hasil penelitian ini adalah 1) pengenalan lingkungan belajar yang kondusif belum maksimal. Karena kurangnya perhatian dari orang tua dan juga kurangnya istirahat dari anak tersebut. 2) terdapat juga beberapa kendala dalam pengenalan lingkungan belajar yang kondusif. Kebiasaan orang tua yang membiarkan anak didik tersebut bermain ketika pulang sekolah sehingga anak tersebut kurang istirahat sehingga berdampak bagi anak ketika akan pergi ke sekolah. 3) orang tua dan guru mengupayakan selalu mengajarkan nilai-nilai agama dan moral lewat belajar berdoa, selalu melibatkan anak dalam setiap kegiatan yang dilakukan disekolah, guru melakukan pendekatan kepada anak yang super aktif di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Lingkungan belajar, Kondusif |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Kristen Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 05:54 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 05:54 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/796 |