Habel Kokoya, 1401039 (2015) KINERJA GURU PAK MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMK NEGERI MULIA HASIL PENELITIAN TINDAKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PUNCAK JAVA PROVINSI PAPUA. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
Cover.pdf
Download (44kB)
Abstrak.pdf
Download (570kB)
Daftar Isi.pdf
Download (562kB)
Bab V.pdf
Download (617kB)
Abstract
Penelilian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan supervisi edukatif secara periodik melalui kinerja guru PAK di SMK Negeri Mulia Puncak Jaya dan mendeskripsikan langkah – langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan kinerja guru PAK melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.
Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada sumber data, baik guru dan siswa. Dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa guru PAK belum maksimal dalam meningkatkan kemampuan professional, pengetahuan, sikap, dan keterampilannya yang harus dilakukan terus menerus sesuai perkembangan pengetahuan dan teknologi.
Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan kepada guru PAK untuk dapat memenuhi standar kompetensi yang bertujuan agar guru bermutu, menjadikan pembelajaran bermutu, yang akhirnya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui supervisi edukatif pada setiap guru di sekolah. Supervisi tersebut bisa dilakukan secara kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja, supervisi, edukatif, guru |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 05:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 05:49 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/417 |