Lydia Tumury, 0901803 and Bastian, Roos Pontororing and Manope, Yudi Meilan (2012) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUWAAN. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
COVER.pdf
Download (46kB)
ABSTRAK.pdf
Download (72kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (129kB)
BAB V.pdf
Download (103kB)
Abstract
Guru adalah sebuah jembatan yang diposisiskan sebagai garda (pengawal terdepan), pemimpin, suri teladan sebegai posisi sentral dalam dunia pendidikan. Artinya bahwa keberhasilan pendidikan banyank ditentukan oleh sosok guru. Guru berperan dalam rangka mewujudkan model Pendidikan Agama Kristen yang bertujuan mencapai transformasi nllai·nilai kristiani dalam kehidupan anak didik. Guru merupakan dasar dalam membentuk karakter manusia yang utuh dan berkualitas dibidang
pendidikan. ltulah sebabnya penelitian ini diberi judul "'Penerapan Pendidikan karakter Didik di SD Negeri Suwaan"
Penelltian dilaksanakan di SD Negeri Suwaan dengan mengambil bebera guru dan siswa kelas V sebagai informan utama. Penelitian ini dilaksanakn selama
3 bulan sejak bulan Juli sampai September 2012.
Berdasarkan pembahasan dari basil pene1itian maka penulis dapat mengambil kesimpulan babwa : I) Dalam pembentukan karakter anak di sekolah, kepala sekolah dan guru harus mcmpunyai suatu acuan seperti kebijakan Kepala Sekolah yang telah disepakati bersama; 2) Setiap Guru harus memillki kemampuan untuk beradaptasi dengan sifat anak-anak yang beda-beda; 3) dalam kegiatan belajar mengajar guru harus mampu merangsang anak untuk aktif, memberikan suasana yang kondusif dan 40 karakter anak dapat juga dipengaruhi oleh teman sebaya, keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 03:34 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 03:34 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/305 |