Seniwati Manise, 0901138 and Ogelang, Johanis and Lamorahan, Max A. (2011) PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SD GMIST ZAITUN LAPEPAHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
COVER.pdf
Download (104kB)
ABSTRAK.pdf
Download (85kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (136kB)
BAB V.pdf
Download (89kB)
Abstract
Masalah penelitian adalah (1) Bagaimana mengunakan metode diskusi kelompok dalam peningkatan hasil dan aktivitas belajar PAK di SD GMIST ZAITUN LAPEPAHE (2) Bagaimana proses aktivitas belajar dan partisipasi selama berlangsungnnya metode diskusi kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu : 1) wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, 4) studi kepustakaan. Insrumen penelitian adalah penelitian sendiri dengan di lengkapi pedoman wawancara, tape recorder,dan catatan lapangan. Selanjutnya data lapangan dianalisis dengan langkah-langkah : 1) reduksi data, 2)penyusunan, 3) kategori, 4)pemeriksaan keapsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan hasil analisis data di peroleh kesimpilan : (1) Gambaran umum SD GMIST ZAITUN LAPEPAHE menunjukan sekolah ini memiliki kemaun untuk maju meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dasar, (2) proses pembelajaran lewat metode masih terdapat kekurangan belum menampakan peran partisispasi yang tinggi antar siswa dalam memberikan pendapat ataupun tanggapan (3) Aktifitas belajar siswa dengan metode diskusi mengalami peningkatan yang signifikan yakni aktif penuh semangat, partisipasi, komunikatif dan responsive (4) metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, awalnya menggunakan metode ceramah daya serap siswa 69,5. Setelah mengunakan metode diskusi daya serap siswa mengalami peningkatan yang signifikan,daya serap naik 86,25.
Maka disarankan kiranya pihak sekolah SD GMIST ZAITUN LAPEPAHE KHUSUSNYA GURU (1) Perlu mempersiapkan administrasi pembelajaran secara lengkaP (2) Harus meningkatkan kertrampilan mengajar dengan berbagai metode pembelajaran (3) Harus memberi ruang lebih banyak bagi siswa dalam mengemukakan pendapat atau gagasannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 07:02 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 07:02 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/292 |