MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAK MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI SDN INPRES LELIPANG KECAMATAN TAMAKO KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Junan Lena, 0901075 and Oleng, Clementie E. (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAK MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI SDN INPRES LELIPANG KECAMATAN TAMAKO KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (595kB)

Abstract

Metode mengajar sangat penting digunakan guru dalam proses pembelajaran dikelas, untuk menggunakan metode, proses pembelajarsn akan berjalan dengan baik, teratur,dan menyenangkan. Metode yang baik adalah metode yang mampu menyampaikan pesan dengan baik kepada penerima dalam kondisi kelas yang teratur, pegajaran yang baik, akan baik dan erektif jika metode yang digunakan benar-benar
baik. PP No ; 55 tabun 2007 pasal 1 ayat 1 , Mengamalkan ajaran agamanya

yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran / kuliah pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan. Menjawab permasalahan diataS tentu lewat satu kajian ataupun penelitian. Tujuannya untuk melihat apa yang menyebabkan proses pembelajaran selalu tertangu.diababkan oleh penggunaan metode tidak tepat,Guru menggunakan metode pembelajaran berjalan baik. Metode diskusi salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan menjadi metode pembelajaran aktif dan efektif.
Metode lni jelas menuntut peran aktif sisWa. Metode diskusi dapat diterapkan sebagai

diskusi kelas atau kelompok.Kegiatan diskusi kelompok menghasilkan interaksi antar pelajar atau anatar pelajar dan pengajar. Metode diskusi kelompok adalah suatu cara memecahkan masalah yang dipelajari melalui pendapat dalam diskusi kelompok. Metode diskusi kelompok dapat digunakan disemua mata pelajaran.Dengan metode
ini, selain interaksi juga akan terbentuk sikap positif belajar, kepribadian, ketrampilan yang menuntut siswa aktif. Rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAK disekolah lebih disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran.Realita menunjukkan bahwa mutu pendidikan masih tergantung pada peran guru. Hal yang menonjol dari pengamatan bahwa kurangnya aktivitas belajar siswa cenderung diam hanya mengikuti istruksi guru apa yang harus dikerjakan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok. Dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Metode diskusi di maksudkan adalah cara mengajar dim11na siswa dihadlpkan dcugan suntu masalah yang akan dipecahkan oleh siswa sebagai kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:12
Last Modified: 06 Apr 2022 04:12
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item
View Item