Rine Woran, 0801710 and Selanno, Semuel and Hutu, Bazatulo (2012) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (52kB)
ABSTRAK.pdf
Download (111kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (175kB)
BAB V.pdf
Download (126kB)
Abstract
Dalam keseluruhan proses pendidikan disekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Pendidikan merupakan proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu rnenyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya dan akan menimbulkan perubahan pada dirinya hingga mencapai tahap kedewasaan, Perubahan yang begitu cepat mendorong rnanusia untuk mengembangkan potensi dirinya. Sasaran pendidikan sangat berhubungan dengan sekolah dimana sekolah berperan besar dalam kemajuan pendidikan. Kemujuan pendidikan tidak dapat lepas dari usaha peserta didik untuk belajar. Belajar sangat berguna agar peseta didik atau siswa memperoleh pengetahuan. Maka diperlukan suatu motivasi agar siswa dapat belajar dengan baik.
Penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa ditentukan oleh peran Guru Pendidikan Agama Kristen. Jenis penelitian berasal dari observasi, wawancara, serta studi kepustakaan dengan mencocokan antara realita empiric dengan teori yang berlaku dengan menggunakkan metode deskriptif..
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah diperoleh dari 25 informan maka pengumpulan data dari hasil penelitian tersebut dikumpulkan menjadi beberapa indicator yang sudah dirangkum sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru diperlukan peran dalam proses belajar mengajar untuk memotivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa merupakan hal yang amat penting bagi pencapaian kinerja atau prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, tentu saja menjadi tugas dan kewajiban guru untuk senantiasa dapat memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswanya. Dengan demikian tugas guru bukan hanya sekedar rnengajar tapi Juga mendidik dan melayani sesuai dengan apa yang rela Yesus Kristus lakukan dalam pelayananNya. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, guru harus mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam tentang proses belajar mengajar termasuk Metode mengajarnya.
Dengan dasar pemikiran yang seperti ini. Guru Pendidikan Agama Kristen yang bisa memotivasi siswa adalah perannya yang mampu rnemberikan teladan yang patut di contohi dan perannya dalam upaya memberikan motivasi. Motivasi dapat efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan anak didik. Penganekaragaman cara belajar memberikan penguatan dan sebagainya, juga dapat memberikan motivasi pada anak didik untuk lebih semangat dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 01:47 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 01:47 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/265 |