Martha Detje Paraso, 081132 and Dodolang, Efert Y. and Awaeh, A. M. (2011) OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU PAK DI SMP NEGERI 5 LIRUNG. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (41kB)
abstrak.pdf
Download (610kB)
daftar isi.pdf
Download (612kB)
BAB V.pdf
Download (627kB)
Abstract
Penelitian ini mengangkat Optimalisasi Kompetensi Guru PAK di SMP Negeri 5 Lirung Talaud Agar para guru PAK memiliki etika dan moral dalam pembelajaran PAK. Memberikan kontribusi terhadap guru PAK dalam merencanakan dan mengelola proses belajar mengajar. Memberikan kontribusi bagi sekolah-sekolah dalam memotivasi guru PAK untuk mngoptimalkan kompetensi pembelajaran Pak.
Hasil penelitian bahwa guru PAK di SMP Negeri 5 Lirung belum optimal dalam hal kualitas. Hal ini dapat dilihat pada kurangnya kompetensi dalam diri seorang guru. Oleh karena itu tingkat keprofesionalan seorang guru dapat dilihat dari kompetensi ini. Beberapa kemampuan berhubungan dengan kompetensi ini diantaranya : kemampuan untuk menguasai landasan kependidikan, misalnya paham akan tujuan pendidikan yang harus dicapai baik tujuan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler dan tujuan pembelajaran. Pemahaman dalam bidang psikolog pendidikan, misalnya paham tentang tahapan perkembangan siswa, paham tentang teori-teori belajar, dan lain sebagainya. Kemampuan dalam menguasai materi pelajaran. Kemampuan dalam mengaplikasi berbagai metodologi dan strategi pembelajaran. Kemampuan merancang dan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar. Kemampuan dalama melaksanakan evaluasi pembelajaran. Kemampuan dalam menyusun program pembelajaran. Dengan demikian kualitas guru PAK akan menjadi baik karena memiliki sejumlah kompetensi seperti dijelaskan di atas, sehingga proses pembelajaran PAK berada pada tingkat terbaik dari sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Guru PAK di SMP Negeri 5 Lirung perlu mengikuti secara aktif berbagai perlatihan-pelatihan yang terkait dengan profesinya sebagai pendidik PAK perlu diadakan pembinaan-pembinaan terhadap Guru PAK terkait dengan profesinya sebagai PAK Guru PAK perlu meningkat rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas keprofesionalannya dengan tulus dan jujur. Perlu lebih di tingkatkan lagi proses pengawasan dari pihak pimpinan sekolah dalam hal ini bidang kurikulum untuk kemajuan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 04:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 04:36 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/223 |