Jelly Franky Fanny Oping, 0801128 and Bastian, Roos Pontororing and Selanno, Semuel (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS V DAN VI SD GMIM II KANONANG KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT MINAHASA. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
COVER.pdf
Download (57kB)
ABSTRAK.pdf
Download (106kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (141kB)
BAB V.pdf
Download (194kB)
Abstract
Karakter yang dabangun pada siswa tidak semata-mata tugas ggru atau sekolah Mengingat siswa tidak hanya beraktivitas di sekolah, namun siswa juga menghabiskan waktu di rumah dan sekaligus menjadi anggota masyarakat yang merupakan bagian dari warga negara Indonesia. maupun warga dunia, Disitu sisi guru dituntut untuk mendidik siswa menjadi generasi muda yang berkarakter baik namun disisi lain setiap hari siswa melihat contoh orang tua di rumah ynng rnungkin sering tidak taat pada peraturan.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakrer serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan memperkembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwn kepada Tuham Ycmg Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif. mundiri dun menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Pendidikan karakter adalah sebuah system yang menanamkan nilai-nilal karakter pada peserta didik. yunit mengandung komponen pengetahuan. Kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan untuk bertindak melaksanakan nilai-nilni spiritual. etika dan moral Pendidikan karakrer adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan(feeling), dan tindakan (action). Denga ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter akan sangat efektif.
Pendidikan Agama Kristen adalah Pendidikan ynng melibatkan warga jemaat untuk belajar teratur dan tertib agar semakin menyadari dosa, mereka serta bersukucita dalarn firman Yesus Kristus yang memerdekakan Disamping itu Pendidikan Agama Kristen memperlengkapi mereka dengan sumber Iman, khususnya yang berkaitan dengan pengalaman berdoa, firman tertulis (Alkitab) dan rupa-rupa kebudayaan sehingga mereka mumpu melayani sesamanya termasuk masyarakat dan negara serta mengamhil bagian dengan bertanggungjawab dalam persekutuan Kristen,
Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata yang didapat hasil kuesioner yang dibagikan kepada siswa-siswa kelas V dan VI di SD GMIM II Kanonang Kecamatan Kawangkoan hasil yang didapat sebagai berikut : nilai perhitungan dari keseluruhan dijumlahkan baru dibagi dengan jumlah responden dan hasil rata-rata 4577 : 50 = 91,54. Berdasarkan hasil perhitungan di dapat 91,54 setelah di konsultasikan pada tabel 1 ternyata menunjukkan sangat tinggi, sebagai kesimpulan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang dilaksanakan di SD GMIM II Kanonang Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa teridentifikasi sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lmplementasi Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran PAK |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 04:17 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 04:17 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/222 |