FUNGSI MANAJEMEN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) PADA SMAN 1 MANADO

Yuni Pingkan C Sumayow, 190103047 and Lumi, Deflita R. N. and Talangamin, Sylvana (2023) FUNGSI MANAJEMEN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) PADA SMAN 1 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Fungsi manajemen pengawasan Kepala Sekolah (2) Kinerja guru (3) Faktor pendukung dan penghambat fungsi manajemen pengawasan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAK pada SMA Negeri 1 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manado.
Dari hasil analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) fungsi dari pengawasan terhadap guru berarti terlebih dahulu kita menyusun program pengawasan itu seperti apa maka baru itu kita mulai mengawasi guru. Mengawasi guru itu berarti kita harus mencari tahu administrasi guru nya, bagaimana cara guru mengajar di dalam kelas, bagaimana guru dapat menkondisikan kelas itu supaya menjadi kelas yang aktif, dan pelajaran itu bisa disenangi oleh siswa jadi itu semua sebernanya pengawasan dan itu termasuk mengecek juga kehadiran guru apakah guru itu tepat waktu didalam kelas dan menggunakan waktu itu seefektif mungkin. (2) mengenai kinerja guru pada SMA Negeri 1 Manado, para guru mampu mengikuti prosedur perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dengan standar perencanaan pembelajaran yang telah disepakati tapi masih ada satu atau dua orang. Selain itu proses pembelajaran guru mampu berkomunikasi dengan baik dengan siswa dan mampu menyajikan materi pelajaran dengan baik sehingga siswa mampu menerima pembelajaran dengan mudah. (3) Faktor pendukung dan penghambat fungsi manajemen pengawasan dalam meningkatkan kinerja guru Meningkatkan kinerja guru standar kualifikasi akademik dan kopetensi guru, tenaga guru yang komunikatif dan dapat dilatih untuk menguasai pembelajaran yang di butuhkan melaksanakan kinerjanya mengacu pada standar kopetensi guru dan model kinerja guru yang dapat diterapkan disekolah SMA Negeri 1 Manado, terdapat penghambatan yang dihadapi guru standar kopetensi pada kinerja guru di sekolah SMA Negeri 1 Manado pemahaman tentang standar kualifikasi dan kopetensi guru, karaktersistik siswa yang beragam, kurang maksimal, pemahaman guru tentang teori pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen pengawasan, Kepala Sekolah, Kinerja guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Manajemen Pendidikan Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:13
Last Modified: 15 Sep 2025 07:13
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item
View Item