KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 MANADO

Sheren Beatix Komansilan, 1801046 and Lalompoh, Cyrus T. and Ilat, Irene P. (2022) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAK dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model deskriptif analitik, dan rancangan penelitian ini di dasarkan pada anjuran dari Sugiyono yaitu tahap deskripsi, tahap reduksi dan tahap seleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa dan diterapkan di SMA Negeri 2 Manado.
Dari data yang terkumpul melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil analisis dan interpretasi diperoleh indikasi bahwa kreativitas guru PAK dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Manado dapat dikatakan belum efektif dikarenakan guru PAK hanya menggunakan metode ceramah, metode penugasan yang hanya berpatokan pada buku cetak, dan belum memiliki sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran. Faktor pendukung kreativitas guru PAK yaitu adanya kerjasama yang baik antara guru dan kepala sekolah, saling memotivasi dan membantu sekiranya proses pembelajaran berlangsung dapat berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan guru PAK dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu untuk guru PAK harus mengikuti pelatihan guru, selalu mengingatkan materi yang diberikan dan sekolah juga menyediakan fasilitas atau sarana dan prasarana.
Dari hasil peneliti tersebut maka disarankan guru PAK di SMA Negeri 2 Manado mampu mengembangkan metode dan strategi pembelajaran agar siswa bisa mengerti dan memahami pembelajaran yang diberikan guru PAK, maka tujuan pembelajaran akan tercapai, dalam pembelajaran pemberian materi dikelas tidak hanya memberikan materi saja tetapi harus memakai metode- metode yang bisa mengembangkan keaktifan belajar siswa. Pihak sekolah hendak menyiapkan fasilitas atau sarana prasarana seperti media pembelajaran yang memadai demi menunjang setiap pembelajaran yang ada dengan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru PAK, Pembelajaran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:16
Last Modified: 19 Jun 2024 07:16
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item
View Item