Handika P. P. Ngala, 1801187 and Lalompoh, Cyrus T. and Pandaleke, Stefanny M. (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN PAK KELAS X SMK N 1 TOMOHON. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (12kB)
abstrak.pdf
Download (9kB)
daftar isi.pdf
Download (155kB)
BAB V.pdf
Download (154kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas X SMK N 1 Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Deep Dialogue yang dilaksanakan di Kelas X SMK N 1 Tomohon pada tahun 2022.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk dua siklus, dimana tiap siklus dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 prosedur yaitu (Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi). Hasil yang diperoleh dari siklus 1 tidak signifikan karena sebagian besar siswa tidak aktif dalam belajar, kemudian di siklus 2 sudah signifikan karena sudah terjadi dialog mendalam antara guru dan siswa.
Hasil penelitian siklus 1 adalah tidak semua siswa aktif dalam belajar, banyak yang melakukan kegiatan yang bukan kegiatan pembelajaran, tidak terjadi dialog mendalam, tugas-tugas yang dikerjakan dengan baik, pada siklus 2 terjadi dialog mendalam, tugas-tugas dikerjakan juga dengan baik. Jadi penggunaan model pembelajaran Deep Dialogue dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas X SMK N 1 Tomohon. Oleh karena itu, peneltian tindakan kelas sangat cocok untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang memakai kurikulum 13.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Pembelajaran Deep Dialogue, Pendidikan Agama Kristen, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/743 |