Handika P. P. Ngala, 1801187 and Lalompoh, Cyrus T. and Pandaleke, Stefanny M. (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN PAK KELAS X SMK N 1 TOMOHON. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (154kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas X SMK N 1 Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Deep Dialogue yang dilaksanakan di Kelas X SMK N 1 Tomohon pada tahun 2022.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk dua siklus, dimana tiap siklus dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 prosedur yaitu (Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi). Hasil yang diperoleh dari siklus 1 tidak signifikan karena sebagian besar siswa tidak aktif dalam belajar, kemudian di siklus 2 sudah signifikan karena sudah terjadi dialog mendalam antara guru dan siswa.
Hasil penelitian siklus 1 adalah tidak semua siswa aktif dalam belajar, banyak yang melakukan kegiatan yang bukan kegiatan pembelajaran, tidak terjadi dialog mendalam, tugas-tugas yang dikerjakan dengan baik, pada siklus 2 terjadi dialog mendalam, tugas-tugas dikerjakan juga dengan baik. Jadi penggunaan model pembelajaran Deep Dialogue dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas X SMK N 1 Tomohon. Oleh karena itu, peneltian tindakan kelas sangat cocok untuk digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang memakai kurikulum 13.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Pembelajaran Deep Dialogue, Pendidikan Agama Kristen, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/743 |