KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAK DI SDN INPRES BENG LAUT KECAMATAN TABUKAN SELATAN TENGAH KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Bartholomeus Tumuwe, 0901203 (2011) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAK DI SDN INPRES BENG LAUT KECAMATAN TABUKAN SELATAN TENGAH KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (262kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah (1) Bagaimana peran guru PAK dalam pelaksanaan pembelajaran PAK di kelas (2) Bagaimana upaya – upaya pengembangan profesionalitas guru PAK (3) Apa hambatan guru PAK dalam mengelola kelas pada pembelajaran PAK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi, 4) studi kepustakaan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi pedoman wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Selanjutnya data lapangan dianalisis dengan langkah – langkah: 1) reduksi data, 2) penyusunan, 3) kategori, 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Upaya pengembangan profesi guru PAK belum nampak kecuali studi lanjut S–1 pada STAKN. (2) Hambatan atau kendala pelaksanaan pembelajaran PAK adalah (a) posisi letak geografis SDN Inpres Beng Laut berada di pulau kecil dan terpencil. Jika cuaca lautnya bergelombang maka tidak bisa mengikuti kegiatan apapun baik di kecamatan maupun di kabupaten (b) kemajuan teknologi informasi dan komunikasi belum tersentuh (c) belum tersentuh dengan lampu listrik (d) guru hanya 5 orang dengan kepala sekolah (e) dana operasional sekolah sangat rendah tidak memenuhi kebutuhan sekolah (f) belum pernah mengikuti berbagai pelatihan atau diklat Pendidikan Agama Kristen.
Maka disarankan (1) guru perlu meningkatkan perannya sebagai pengajar, pendidik, manajerial, gembala, konselor, penyuluh, korektor, informator, organisator, motivator, innovator, pengelola kelas dan evaluator (2) perlu peningkatan dana operasional sekolah dan pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan (3) perlu ada upaya – upaya kongkrit untuk pengembangan profesi guru PAK melalui berbagai kegiatan Diklat dan atau seminar atau KKG guru PAK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:20
Last Modified: 15 Jul 2022 06:20
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item