PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 76 MANADO

Djoike Dolly Poli, 1301128 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 76 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam memotivasi belajar siswa di SD Negeri 76 Manado. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 76 Manado. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang dilibatkan adalah guru, siswa dan orang tua. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada reduksi data, penyanjian data dan melakukan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiat – kiat yang dilakukan guru PAK dalam memotivasi belajar siswa menggunakan banyak metode mengajar. Cara yang paling digemari untuk mengajar siswa – siswi Sekolah Dasar Negeri 76 ini ialah dengan jalan bercerita, dimana siswa – siswi dihadapkan dengan masalah atau pertanyaan penting sehingga membantu para siswa dalam memotivasi belajar. Hal ini di tunjang dengan alat bantu mengajar yang merupakan pelengkap membuat pengajaran itu berhasil sehingga siswa termotivasi belajar. Alat – alat mengajar membantu guru mengatasi kendala – kendala dalam mengadakan proses pengajaran. Guru PAK menggunakan gambar – gambar, benda – benda untuk menyampaikan pengertian dan makna. Hal ini membantu siswa belajar lebih menarik dengan menambahkan variasi dan partisipasi. Dengan menggunakan alat – alat bantu mengajar yang efektif maka kemampuan belajar siswa akan meningkat. Alat – alat yang digunakan guru dalam proses pengajaran mengesankan yang menimbulkan kesan pada siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Guru PAK mengharapkan siswa bukan saja untuk memotivasi belajar mengenai pengetahuan tetapi membuat perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik, dimana guru PAK berusaha agar supaya siswa mencapai perubahan dalam kehidupannya.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dapat disimpulkan bahwa siswa SD Negeri 76 Manado memiliki motivasi belajar yang baik. Peran guru PAK dalam memotivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar terjadi pembelajaran yang menyenangkan dimana guru PAK di SD Negeri 76 menerapkan teknik pemberian motivasi antara lain memberi hadiah, memberi ulangan, mengetahui hasil, memberi pujian sehingga sebagian besar siswa sudah memiliki motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran guru, memotivasi belajar siswa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:56
Last Modified: 15 Jul 2022 02:56
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item
View Item