Chicilia Kella, 1301073 (2017) TANGGUNG JAWAB GURU PAK DALAM PERKEMBANGAN SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 11 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of Cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of Bab V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (164kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab guru PAK dalam perkembangan spiritualitas peserta didik kelas VII di SMP N 11 Manado. Mengetahui hambatan – hambataan guru PAK dalam perkembangan spiritualitas peserta didik kelas VII di SMP N 11 Manado. Mengetahui apakah upaya yang dilakukan guru PAK dalam perkembangan spiritualitas peserta didik kelas VII di SMP N 11 Manado pada tahun 2017.
Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Analsis data dilakukan melalui langkah – langkah: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengecekan keabsahan data. Dari hasil analisis dan interprestasi diperoleh indikasi bahwa: 1) Sebagai guru PAK mempunyai tanggung jawab yang sangat penting oleh karena itu sebagai guru PAK hendaknya senantiasa dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik agar supaya spiritualitas mereka dapat berkembang dengan baik. 2) hambatan yang dialami oleh guru PAK dalam perkembangan spiritualitas peserta didik yaitu, dari pihak keluarga dan guru PAK sendiri yang belum bisa menjadi teladan yang baik untuk peserta didik. 3) upaya yang dilakukan dalam perkembangan spiritualitas peserta didik yaitu dari pihak sekolah menugaskan para guru PAK untuk mengikuti berbagai kegiatan seminar rohani, dari guru PAK sendiri mengupayakan agar bisa menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan lebih memperhatikan peserta didik.
Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk guru agar terus menjadi teladan yang baik bagi peserta didik di dalam perkembangan spiritualitas peserta didik dan untuk sekolah agar bisa menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru PAK, spiritualitas, peserta didik |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:58 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/392 |