IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PAK DI SMA NEGERI 1 DIMEMBE

Lidya Angrayani Ante, 1201061 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PAK DI SMA NEGERI 1 DIMEMBE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini karena implementasi guru selama pembelajaran hanya pada metode ceramah, hal ini membuat siswa pasif dan tidak di dalam kelas. Untuk itu yang menjadi tujuan utama dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Dimembe. 2) Kendala guru PAK dalam mengimplementasikan metode pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Dimembe. 3) Upaya guru PAK dalam mengatasi kendala dalam mengimplementasikan metode pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Dimembe.
Dalam mencapai tujuan penelitian maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1). Implementasi metode pembelajaran PAK di dalam proses pembelajaran dapat terwujud melalui fungsi guru PAK. Guru PAK harus menggunakan metode yang bervariasi dan ketersediaan sarana prasarana serta media yang dapat menunjang proses pembelajaran dan keaktifan siswa. 2) Kendala utama implementasi metode pembelajaran PAK karena guru PAK kurangnya penguasaan metode dan penggunaan metode yang monoton, kemudian sarana prasarana serta media atau alat peraga. 3) Upaya implementasi metode pembelajaran PAK ialah penguasaan materi dan penggunaan metode dalam pembelajaran harus lebih bervariasi, sarana prasarana dan media pembelajaran harus ditambah.
Berdasarkan hasil temuan atau kesimpulan maka dapat disarankan 1) kepala sekolah agar lebih memperhatikan dan menambah sarana prasarana, media pembelajaran serta fasilitas yang dapat menunjang terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien. 2) Bagi guru PAK agar dapat memperhatikan cara mengajar serta penggunaan metode yang lebih bervariasi dalam setiap proses pembelajaran. Karena metode pembelajaran sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran PAK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, PAK
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:07
Last Modified: 04 Jul 2022 07:07
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item
View Item