ANALISIS KETERAMPILAN PEMBELAJARAN GURU PAK DI SMP NEGERI 6 MANADO

Lidya Kaawoan, 1101053 (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PEMBELAJARAN GURU PAK DI SMP NEGERI 6 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah: 1) Untuk mendeskripsikan keterampilan pembelajaran yang dimiliki guru PAK di SMP Negeri 6 Manado, 2) Untuk menjelaskan hambatan-hambatan yang dimiliki guru PAK dalam mewujudkan keterampilan pembelajaran di SMP Negeri 6 Manado, 3) Untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung keterampilan pembelajaran yang efektif di SMP Negeri 6 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, yang dilaksanakan di SMP NEGERI 6 MANADO, pada tahun 2017.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Mengenai keterampilan pembelajaran yang dimiliki oleh guru PAK di SMP Negeri 6 Manado berdasarkan kenyataan yang peneliti temukan di lapangan, peneliti menilai belum maksimal; 2) hambatan yang dialami oleh guru PAK yaitu fasilitas sekolah yang belum memadai sehingga menghambat pelaksanaan pembelajaran dikelas; 3) Faktor-faktor yang mendukung keterampilan pembelajaran yang efektif yaitu; a) guru PAK harus memiliki iman yang berkualitas dan dapat menjadi contoh dan teladan yang baik untuk siswanya; b) guru membuat persiapan yang matang sebelum mengajar (contoh : membuat RPP & penguasaan materi); c) guru harus memiliki kreativitas yang tinggi dengan bervariasi saat mengajar supaya dapat menarik antusias siswa dalam belajar, dan d) guru PAK harus mampu mengusai kelas saat mengajar supaya siswa dapat focus dalam belajar.
Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk guru PAK SMP Negeri 6 Manado harus lebih meningkatkan keterampilan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang kreatif. Bagi sekolah, peneliti menyarankan agar pihak sekolah dapat menfasilitasi guru-guru untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran, khususnya untuk guru PAK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, pembelajaran, guru PAK
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:30
Last Modified: 21 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item