MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN INPRES BENG DARAT KECAMATAN TABUKAN SELATAN TENGAH KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Dorna Ambalau, 0901204 and Hontong, Saskar and Lamorahan, Max A. (2011) MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN INPRES BENG DARAT KECAMATAN TABUKAN SELATAN TENGAH KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (551kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah (1) bagaimana peran guru PAK dalam melaksanakan pembelajaran PAK di kelas dengan menggunakan metode diskusi kelompok (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi, 4) studi kepustakaan. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan dilengkapi pedoman wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Selanjutnya data lapangan dianalisis dengan langkah – langkah: 1) reduksi data, 2) penyusunan, 3) kategori, 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Gambaran umum SDN Inpres Beng Darat, menunjukkan sekolah ini perlu mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat untuk memenuhi berbagai fasilitas pembelajaran di sekolah. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran PAK lewat metode diskusi kelompok sudah berjalan dengan baik hanya saja perlu ada peningkatan keterampilan bagi guru untuk memfasilitasi proses diskusi. Kekurangannya masih ada satu dua orang siswa belum menampakkan peran partisipasi yang tinggi antar siswa dalam memberikan pendapat ataupun tanggapan. (3) Hasil belajar siswa dengan metode diskusi mengalami peningkatan yang signifikan.
Maka disarankan (1) guru PAK perlu meningkatkan kemampuan mengajar dengan menggunakan multi metode termasuk di dalamnya diskusi kelompok. (2) guru PAK harus membiasakan siswa untuk selalu menggunakan metode diskusi kelompok secara kreatif dan terampil. (3) perlu dilakukan pengkajian kembali tentang hambatan – hambatan dalam melaksanakan metode diskusi kelompok sehingga metode tersebut semakin diperlengkapi untuk pengembangan mutu pembelajaran PAK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:30
Last Modified: 07 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item