PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI HESANG

Fientje Tamasela, 0901050 and Bastian, Roos Pontororing and Wengen, Raden Ch. (2011) PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI HESANG. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.PDF] Text
COVER.PDF

Download (116kB)
[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (819kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.PDF] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (690kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (861kB)

Abstract

penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran Agama, metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dikelas, lingkungan belajar, terutama kelas saat proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa yang mengalami kekakuan saat proses pembelajaran berlangsung.
penulisan skripsi ini bermanfaat untuk peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri Hesang. untuk mewujudkan harapan tersebut diadakan penilitian aktivitas dan partiipatif siswa dikelas. berbagai upaya dilakukan diantaranya menggunakan metode tanya-jawwab dalam proses pembelajaran PAK.
penulisan skripsi ini bertujuan untuk: melihat sejauh mana dan bagaimana proses pembelajaran PAK di SD Negeri Hesang setelah menggunakan metode tanya jawab, melihat bentuk-bentuk aktivitas/partisipasi belajar siswa dikelas, melihat peningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri Hesang, metode yang digunakan tanyajawab.
berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan: dengan menggunakan metode tanya-jawab pada pembelajaran PAK, aktivitas/partisipasi belajar siswa dikelas dan hasil belajar siswa dikelas III SD Negeri Hesang, meningkat secara nyata dengan nilai rata-rata 77.23 untuk evaluasi pertama menjadi 83.00 pada evaluasi kedua, dengan menggunakan metode tanya-jawab, kesiapan mengajar guru semakin baik. dalam pelaksanaan efektivitas belajar dikelas menjadi lebih baik dan menyenangkan, munculnya sikap belajar yang baik dari siswa, terutama bertanya, member ide dan memberi kritik, metode tanya-jawab sangat cocok digunakan pada materi yang membahas tentang hal-hal seputar kehidupan manusia, terutama menyangkut kehidupan kerohanian dalam realita hidup siswa dimana dia tumbuh dan berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:09
Last Modified: 06 Apr 2022 03:09
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item
View Item