Meisje K. D. Sinaulan, 0801670 and Hulu, Bazatulo and Selanno, Semuel (2011) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI INPRES MALOLA 1. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (53kB)
abstrak.pdf
Download (598kB)
daftar isi.pdf
Download (591kB)
BAB V.pdf
Download (663kB)
Abstract
Penelitian ini mengangkat peranan guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengefektifkan pembelajaran di SDN INPRES MALOLA 1. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang terjadi dalam arti memusatkan diri pada pemecahan masalah, oleh karena itu peneliti mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara.
Berdasarkan penelitian ternyata guru PAK belum optimal dan kurang efektif dalam penerapan pembelajaran PAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong guru PAK agar dapat berperan secara optimal dan lebih efektif dalam pembelajaran PAK kepada peserta didik sehingga mereka dapat bertumbuh secara utuh. Sebab sebagai guru PAK dalam peran utamanya adalah sebagai pengajar, pendidik, dan pemimpin dalam pembelajaran. Peran guru PAK merupakan tugas mulia yaitu membentuk kepribadian anak didik berperilaku yang baik serta mampu meningkatkan iman percayanya kepada Tuhan Yesus yang adalah guru Agung.
Peneliti hendak mengemukakan saran yang kiranya dapat membantu guru PAK di SD INPRES MALOLA SATU dimana guru PAK perlu berinisiatif memperlengkapi diri dalam meningkatkan peran dan tanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memimpin pembelajaran agar lebih efektif dan efisien senhingga menghasilkan hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengefektifkan Proses Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 07:10 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 07:10 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/257 |