KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAK DI SDN INPRES TARIANG LAMA KECAMATAN KENDAHE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Astiamike Sineri, 0801609 and Oleng, C. M and Aling, A. (2011) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAK DI SDN INPRES TARIANG LAMA KECAMATAN KENDAHE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (575kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah (!) Bagaimana Peran Guru PAK mengelola Kelas (2)Bagaimana peran Guru PAK dalam pembelajaran PAK (3) Apa hambatan Guru PAK dalam meogelola kelas pada pembelajaran PAK.
Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : I) wawancara, 2) Observasi, 3) dokumentasi, 4) Studi kepustakaan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi pedoman wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Selanjutnnya data lapangan dianalisis deogan langkah-laogkah : l)reduksi data, 2) Penyusnan, 3) kategori , 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan basil analisis data diperoleh kesimpulan: (I) Peran Guru PAK mengelola kelas sebagai pengajar yakni mempersipakan program pembelaiaran dan perangkat adminstrasi serta penataan rungan dan tempat duduk sesuai setingan pernbelajaran yang sudah direncanakan, Sebagai pendidik Guru selalu mcnanamkan nilai-nilai sikap mental watak dan kedisiplinan serta ketertiban. Bcrperan sebagai manajerial meoguasai kuriku;im, menguasai materi,metode dan velauasi belajar, setia terhadap tugas memperlihatkan kedisplinan (2) Peran Guru s PAK dalam Penyajian Pernbelajarannya, Guru PAK lebih dominan menyajikan rnateri pada penekanan pengetahuan, hanya pada ranah kognitif. Sedangkan pembentukan mental spiritual tidak terjadi dalam kelas. Itu nanti dilakukan pada kegiatan diluar kelas dirumah.gcreja dan masyarakat, (3) Hambatan dalam pengelolan kelas dan penyajian materi adalah pada (J) SOM yakni Guru PAK yang tidak mengembangkan diri sesuai dengan bidangnya. (2) Rendahnya Dana Operasional Sekolah.
Maka disarankan (1)Guru perlu meningkatkan pcrannya sebagai pengajar, pendidik, majerial, gembala, konselor, penyuuh korektor,infonnator, orginisator, motivator, inovator, pengelolakelas dan evaluator (2) Perlu peningkatan Dana Opersional Sekolah dan pernanfaatnya sesuai dengan kebutuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:38
Last Modified: 16 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item
View Item