Debbie Asnie Pangalila, 0801411 and Tewu, Peggy and Thomas, S. (2011) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAK BAGI SISWA SD NEGERI 43 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (509kB)
abstrak.pdf
Download (612kB)
daftar isi.pdf
Download (618kB)
BAB V.pdf
Download (673kB)
Abstract
Di dalam Pendidikan Agama Kristen sendiri, setiap siswa diarahkan untuk mengenal Tuhan dan menerimaNya sebagai Tuhannya serta taat kepadanya. Dan untuk dapat taat kepada Tuhan, maka setiap orang harus mengenal perintanya agar dapat dilakukan. Juga harus memahami larangannya agar dapat dijauhi. Kedua hal ini diketahui dari Firman Tuhan yang tertuang di dalam Alkitab.
Guru merupakan salah satu faktor sangat penting dalam mentranfer pengetahuan kepada peserta didik. Apabila guru kurang menerapkan suatu pendekatan pembelajaran, maka tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa, yaitu sebagai perolehan siswa setelah menjalani kegiatan belajar dengan mengacu pada pencapaian indikator dan tujuan pembelajaran serta nilai ketuntasan belajar (KKM).
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana penerapan pendekatan CTL terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri 43 Manado, maka diperlukan suatu penelitian yang memerlukan data dan bukti nyata serta analisis bukti tersebut sehingga dapat dipercaya kesahihannya, agar semua komponen yang terlibat didalamnya mengerti dan memahami serta menjadikan penelitian ini sebagai suatu pedoman dalam membina anak, meningkatkan profesionalitas serta kemajuan dunia pendidikan. Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya, seperti akan tahan lama diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari aspek lain, kemauan dan kemampuan untuk belajar sendiri dan mengembangkan kreativitasnya.
Antara pendekatan CTL dengan hasil belajar memiliki keterkaitan yang tidak lepas antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan bahwa ketika guru menerapkan pendekatan CTL dalam pembelajaran PAK, maka pasti hasil belajar siswa akan meningkat.
Hasil penelitian ini mau menggambarkan sejauh mana penerapan pendekatan CTL terhadap hasil belaajr PAK bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar PAK Siswa SD Negeri 43 Manado |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 06:50 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 06:50 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/235 |