Meiyske Alotia, 0801219 and Matoneng, M. R. and Soga, Agus (2011) PERAN GURU PAK DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PENGELOLAAN KELAS DI SDK RAINIS KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (608kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (611kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (591kB)
Abstract
Seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan. Tugas-tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui anak dan seharusnya diketahui oleh anak. Tugas manusiawi adalah tugas-tugas membantu anak didik agar dapat memenuhi tugas-tugas utama manusia kelak dengan sebaik-baiknya.
Mengingat pentingnya peran guru disekolah maka seorang guru harus profesional dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagi pendidik, maka prfesionalisme guru harus dibangun melalui penguasaan kompetensi yang secara nyata diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kompetensi tersebut digunakan sebagai pemacu guru dalam melakasanakan kerjanya sebagai pendidik.
Guru selalu meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas melalui kegiatan pembelajaran, upaya guru dalam meningkatkan minat siswa sangat diperlukan, antara lain dengan pendekatan pengelolaan kelas yang baik, kemampuan guru dalam menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar mengajar dengan baik sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai.
Minat hasil belajar adalah minat yang muncul karena ada pengaruh dari luar, yaitu hasil belajar dan pengalaman. Berdasarkan objeknya, minat terdiriatas beberapa macam, yaitu minat terhadap mata pelajaran,minat terhadap jurusan/program studi, minat terhadap pekerjaan,minat terhadap ilmu pengetahuan, minat terhadap olahraga, minat terhadap keterampilan, minta terhadap kegiatan tertentu dan sebagainya.
Keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola kas. Dengan kata lain, bahwa kemampua pengelolaan kelas dari seorang guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dalam arti tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAK, Minat Belajar, Pengelolaan Kelas |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 03:05 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 03:05 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/226 |