MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PAK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF SCRIPT DI SD INPRES MOHONGSAWANG

Maritje Matheos, 0801198 and Oleng, C. M and Brek, J. D (2011) MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PAK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF SCRIPT DI SD INPRES MOHONGSAWANG. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (581kB)

Abstract

Mutu pendidikan merupakan prioritas yang harus dipenuhi oleh semua sekolah. Salah satu ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan ialah mutu pembelajaran. Karena apabila proses pembelajaran berjalan baik maka hasil belajar siswa akan meningkat. Akan tetapi permasalahan muncul di SDN Inpres Mohongsawang, dimana guru masih mengalami kesulitan menemukan pola pembelajaran yang baik di kelas, khususnya pada pembelajaran PAK. Kurangnya aktivitas belajar siswa sehingga proses pembelajaran PAK menjadi kurang bermutu dan kurang aktif yang menyebabkan hasil belajarpun rendah.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran PAK menggunakan cooperative script. Dan dilihat pula hasil belajars siswa sebagai gambaran keberhasilan proses pembelajaran tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan : pembelajaran dengan menggunakan model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar PAK dengan capaian nilai rata-rata 79,84. Partisipasi belajar menjadi lebih baik. Guru tidak lagi menjadi sentral dalam pengajaran melainkan menjadi fasilitator dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:59
Last Modified: 09 Mar 2022 02:59
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item