MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI MOTIVASI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian di SDN 81 Manado)

Adrie Boyke Walukow, 091147 and Bastian, Roos Pontororing and Weol, Wolter (2011) MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI MOTIVASI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian di SDN 81 Manado). Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada proses pembelajaran yang dilaksanakan guru khususnya tentang penggunaan Media Gambar dalam proses pembelajaran Pendidikan Agma Kristen (PAK) di SD Inpres Ulung Peliang. Metode Gambar adalah salah satu metode yang dipakai guru untuk mendaratkan materi yang diajarkan bagi siswa, sebagai salah satu upaya perlu diperhatikan dalam meningkatkan hasil belajar.
Yang menjadi fokus penelitian yang perlu dikaji adalah : (1) bagaimana penggunaan metode yang tepat dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (2) sampai sejauh mana pengaruh media gambar terhadap pelaksanaan pembelajaran di SD Inpres Ulung Peliang. Kajian yang mendalam terhadap permasalahan ini telah dilakukan penelitian untuk mendapat gambaran yang jelas, sehingga ada pemecahan yang didapatkan dalam peningkatan mutu pembelajaran.
Penelitian berupaya mengkaji permasalahan ini dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang menghasilkan suatu data yang tidak bisa dinilai dengan angka-angka melainkan berupa kata-kata dari orang-orang dan pelaku yang diamati.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik validasi data agar data sahih/valid, maka dilakukan dengan teknik : kesahihan internal, yaitu keikutsertaan peneliti di lapangan yaikni peneliti sebagai instrumen sendiri. Secara cermat dari intensif peneliti menyadarkan observasi dan kesahihan eksternal, yakni mendeskripsikan secara detail realita suatu kondisi dari tempat penelitian bersama dengan permasalahan yang ada sebagaimana hasil penelitian yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:16
Last Modified: 02 Mar 2022 03:16
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item