Anantje Mahamurah, 0901015 and Makasar, A. and Malohing, S. (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PAK DI SDN INPRES BETAU KECAMATAN MANGANITU SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
COVER.pdf
Download (50kB)
ABSTRAK.pdf
Download (587kB)
ABSTRAK.pdf
Download (587kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (611kB)
BAB V.pdf
Download (658kB)
Abstract
Masalah penelitian adalah (1) Bagaimana pengalaman saudara sebaga.i Guru PAK selama ini menerapkan media gambar ? (2) Apa hambatan menggunakan media gambar daJam pembelajaran PAK 7 (3) Apakah ada rnanfaat penggunaan media garnbar dalarn meningkatkan motifasi belajar siswa ?
Pene!itian ini menggunakan pendekan kualitatif. Tekinik pengumupulan
data yang digunakan yaitu : I) wawancara, 2) Observasi, 3) dokumentasi, 4) Srudi kepustakaan, Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi pedoman wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Selanjutnnya data lapangan dianalisis dengan langkah-langkah : l)reduksi data, 2) Penyusnan, 3) karegori , 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan basil analisis data diperoleh kesimpulan : Media Gambar
dalam Pembelajamn PAK digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar mmengajar,dalam bal ini gambar digunakan saat guru mencrangkan sebuah materi kepada siswa, Begitu haJnya siswa mempelajari materi menggunaken media garnbar yang disediakan oleh guru. Gambar digunakan ini dengan relavan dengan rujuan materi. Gambar disediakan guru baik dcngan cara membuat sendiri dengan cam membeli /menggunakan yang sudah ada, Dalam penggunaan Media Gambar dipakai pada saat proses penjelasan.materi dan ketika evaluasi gamber itu dipasang ditengah setelah pembelajaran itu selesai. Gambar-gambar yang lebih disukai anak-anak, menunjukan bahwa suatu penyajian visual yang sempuma realismenya adalah pewamaan, karena pewamaan gambar akan rnenumbuhkan impresi atau • kesan realistic.
Maka disarankan Kiranya pihak sekolah SDN lnpres Betau (I) Pembelajaran
media gambar perlu dipersiapkan kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. (2) Media gambar sebagai media grafis yang dipergunakan dalam proses pembelajaran, harus memiliki pengertian praktis, yaitu dapat mengkomunlkasikan.fakta-fakta dan gagasan-gagasan secarajelas dan kuat melalui perpaduan antam pengungkapan kaia-kata dan gambar. (3) Guru PAK
.harus secam kontinu meogembangkan profesionalisasinya antara lain mampu
mendesain secara kreatif membuat Ide, cerita, kamngan dari sebuah media ganabar
yang dipakai dalam pembelajaran PAK. (4) Terhadap mcafaat-manfaat media gambar ini, maka guru terus mengguanakan sebagai peluang keberhasilan pembelajaran dengan menciptakan dan menemukan rnanfaat-manfaat yang lebih inovatif dan kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 02:45 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 02:47 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/211 |