KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 7 MANADO

Inggrid Caprilita Siwu, 1701060 and Tulung, Jeane Marie and Ering, Aljuanika (2021) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 7 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of Cover .pdf] Text
Cover .pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi covid-19, faktor penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi covid-19, dan upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan kreativitas guru PAK pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Manado.
Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi covid-19 di SMP N 7 Manado yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti menggunakan media Zoom, Whatsapp, serta pembuatan video pembelajaran, atau menggunakan media sosial lainnya. (2) Yang menjadi faktor penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi covid-19 di SMP N 7 Manado yaitu kurangnya pemahaman dari guru atau siswa tentang penggunaan teknologi khususnya dalam media pembelajaran. (3) Upaya yang telah dilakukan dalam pengembangan kreativitas guru PAK pada masa pandemi covid-19 di SMP N 7 Manado yaitu dengan mempersiapkan sarana pendukung untuk proses pembelajaran daring, dan setiap guru mendapatkan seminar atau pembekalan dalam menggunakan media pembelajaran.
Dari hasil temuan tersebut maka untuk upaya yang harus dilakukan dalam pengembangan kreativitas, yaitu setiap guru PAK bisa berkreatif dalam menyusun atau mempersiakan materi pembelajaran, sehingga permasalahan belajar siswa di rumah terkait materi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bisa teratasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru PAK, Pembelajaran PAK, Covid-19
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:36
Last Modified: 14 Feb 2022 05:36
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item
View Item