Brayen Tamba, 1801127 and Pandaleke, Stefanny M. and Daud, Maison (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER KRISTIANI SISWA DI SMP NEGERI 7 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of bab v.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab v.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah krisis karakter yang terjadi akhir-akhir ini dikalangan remaja, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK, serta keadaan lingkungan sekitar yang mempengaruhi karakter, etika, dan moral siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru PAK dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 7 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Manado pada tahun 2023.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kegiatan pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 7 Manado telah dilaksanakan,dalam bentuk ibadah sebelum KBM, ibadah setiap hari Jum’at, dan kegiatan ekstrakurikuler (retreat dan perkemahan); 2) Pembinaan karakter siswa telah dilaksanakan oleh guru-guru, termasuk guru PAK. Peran guru PAK dalam pembinaan karakter Kristiani siswa meliputi peran guru PAK sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan teladan; 3) Faktor penunjang dalam pembinaan karakter siswa, yaitu guru yang sudah menunjang dalam pelaksanaan pembinaan karakter Kristiani siswa, juga ada siswa yang bersedia menerima pembinaan yang diberikan. Sedangkan untuk faktor penghambat, yaitu walaupun ada siswa yang bersedia menerima pembinaan, namun ada juga siswa yang bersikeras dalam menerima pembinaan, serta faktor waktu, lingkungan sekolah kurang baik, dan keluarga belum mendukung.
Dari hasil temuan tersebut, maka direkomendasikan untuk guru agar dapat lebih memperhatikan lingkungan pergaulan siswa di sekolah, serta mengembangkan kegiatan pembinaan karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru PAK, Pembinaan Karakter Kristiani |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:40 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:40 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/997 |