Aldyman Daniel Sasaghapu, 190101042 and Ruindungan, Max and Lausan, Mariana L. M. (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAK DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS KRISTEN PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of bab v.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab v.pdf
Download (20kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran guru PAK dalam meningkatkan spiritualitas Kristen melalui kegiatan intrakurikuler, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan apa saja hambatan-hambatan serta upaya yang dilakukan guru PAK dalam meningkatkan spiritualitas Kristen pada siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Manado pada tahun 2023.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapatkan mengenai strategi pembelajaran guru PAK dalam meningkatkan spiritualitas Kristen pada siswa melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yaitu dengan melakukan kegiatan home visit, assesmen diagnostic untuk mengetahui intensitas kemampuan serta kehidupan spiritualitas kristen pada siswa. Strategi pembelajaran guru PAK yang dilakukan di dalam kelas yaitu pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran inkuiri dan berbasis proyek. Guru PAK juga melibatkan siswa dalam tugas pelayanan ibadah, berdoa, berkhotbah dan membaca Alkitab secara bergantian. Guru PAK juga terus mendampingi serta mengarahkan siswa dengan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif, agenda-agenda dan lomba sekolah. Hambatan yang ditemukan yaitu kesiapan siswa dalam pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas, kurangnya kerjasama dan perhatian dari sebagian orangtua yang mempengaruhi pergaulan serta kehidupan spiritualitas Kristen siswa di luar sekolah.
Dengan demikian direkomendasikan kepada guru PAK untuk terus melakukan kerjasama dengan kepala sekolah, guru-guru, orangtua dan gereja dalam mengarahkan, membimbing dan melibatkan mereka dalam berbagai hal-hal positif dalam pergaulan serta lingkungan siswa, membekali siswa dengan seminar kerohanian dan materi-materi yang mendukung kebutuhan spiritulitas kristen dalam masa pertumbuhan dan pencarian jati diri sebagai remaja Kristen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Guru PAK, Spiritualitas Kristen |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:14 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:14 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/989 |