KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TK GMIM EBEN HAEZER BUMI BERINGIN

Oktafia Takumansang, 190102013 and Weol, Wolter and Loho, Margarith (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TK GMIM EBEN HAEZER BUMI BERINGIN. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru, bagaimana kompetensi pedagogik guru, apa saja faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana upaya guru dalam meningkatkannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di TK GMIM Eben Haezer Bumi Beringin pada bulan februari 2022 sampai juni 2022.
Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis dan interpretasi data di peroleh indikasi bahwa kompetensi pedagogik guru di TK GMIM Eben Haezer Bumi Beringin melalui standar tingkat pencapaian kompetensi pedagogik guru ada salah satu guru memiliki kompetensi yang masih kurang memadai dalam mengadakan variasi di kelas yaitu terkait dengan kesulitan dalam memahami media pembelajaran teknologi seperti laptop dan youtube. Guru tersebut masih menggunakan media papan tulis dan jarang menggunakan alat peraga dalam kelas.
Hasil penelitian ini adalah 1) Kompetensi pedagogik sangat penting dimilki oleh guru PAUD. Karena dengan kompetensi pedagogik ini, guru PAUD akan bisa membaca dan sekaligus mengembangkan potensi, bakat, kecerdasan, dan gaya belajar anak usia dini. Kompetensi pedagogik guru PAUD sendiri tidak hanya berhubungan dengan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan kemudiian melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran. Akan tetapi, kompetensi pedagogik guru ini berhubungan dengan kemampuan guru PAUD dalam memotivasi anak usia dini untuk terus belajar dan berkembang sesuai bakat, potensi, kecerdasan dan gaya belajarnya. Selain itu secara lebih umum kompetensi pedagogik guru PAUD ini berhubungan dengan teacing skill guru PAUD. 2) Faktor pendukung dalam kompetensi pedagogik guru terkait media pembelajaran yaitu TV, Radio dan Laptop sebagai alat penunjang proses pembelajaran di sekolah 3) Upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru ialah harus berusaha meluangkan waktu sendiri, melatih diri dan lebih megembangkan atau meningkatkan pengetahuan terkait dengan media pembelajaran teknologi melalui youtube, google dan berbagai macam alat media lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:15
Last Modified: 08 Jul 2024 06:15
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item
View Item