Febrianti Baka, 190102016 and Weol, Wolter and Manoppo, Febri (2022) POLA ASUH ORANGTUA BAGI PERKEMBANGAN ASPEK SOISAL-EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK TUNAS MANDIRI BALISOAN KECAMATAN SAHU KABUPATEN HALMAHERA BARAT. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (149kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeksripsikan pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional anak usia 4-6 tahun, mengkaji dan mendeskripsikan tentang kendala pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional anak usia 4-6 tahun, serta bagaimana upaya yang untuk mengatasi kendala pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik yang dilakukan di Tk Tunas mandiri Balisoan.
Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis dan intepretasi data diperoleh indikasi bahwa peran pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional belum maksimal masi ada beberapa anak yang memiliki aspek sosial emosional yang kurang baik.
Hasil penelitian ini adalah 1) pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional anak usia 4-6 tahun belum maksimal. Karena orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga kurangnya komunikasi antara orangtua dan anak, dan juga terlalu tegas dalam mendidik anak, 2) terdapat juga beberapa kendala pola asuh orangtua bagi aspek sosial emosional anak usia 4-6 tahun yaitu, kesibukan orangtua, tidak membiasakan anak bergaul dengan lingkungan, terlalu tegas dalam mendisiplinkan anak, 3) orangtua dan guru mengupayakan dan selalu megajarkan nilai-nilai agama dan moral lewat belajar berdoa, selalu melibatkan anak dalam setiap kegiatan yang dilakukan disekolah, guru melakukan pendekatan kepada anak yang kurang bersosial dengan temannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh, bagi aspek sosial emosional anak. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Kristen Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:20 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:20 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/788 |