Zefanya Amarya Humambi, 1801002 and Binilang, Benny B. and Talangamin, Sylvana (2022) PERAN GURU PAK DALAM MENGUATKAN KARAKTER KRISTIANI PADA SISWA DI SMA KRISTEN EBEN HAEZAR MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (168kB)
abstrak.pdf
Download (148kB)
daftar isi.pdf
Download (166kB)
BAB V.pdf
Download (296kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui dan menganalisis peran guru PAK dalam menguatkan karakter kristiani siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMA Kristen Eben Haezar Manado tahun 2022.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan sebagai berikut: 1. Peran guru PAK dalam menguatkan karakter kristiani pada siswa di SMA Kristen Eben Haezar Manado adalah dengan menjadi gembala, menjadi contoh dan teladan dalam tingkah laku & tutur kata, menjadi penasihat dan menjadi konselor.
2. Macam-macam karakter yang ditanamkan dan dikuatkan pada siswa di SMA dilakukan melalui tujuh nilai inti yang sudah membudaya di sekolah, seperti Mengasihi, Rendah Hati, Cinta Damai, Jujur, Disiplin, Bertanggungjawab dan Pembelajar Seumur Hidup.
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, maka kepada guru PAK hendaknya terus menguatkan karakter kristiani melalui tujuh nilai inti yang ada di sekolah pada siswa lewat berbagai peran. Bukan hanya semata-mata menjadi guru di kelas saat mengajar saja, agar karakter kristiani pada siswa terus menjadi kuat dan dapat mencerminkan karakter Kristus dalam kehidupannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAK, Karakter Kristiani, Siswa |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:43 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:43 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/785 |