PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 AMURANG

Windy J. Tumanken, 1701153 and Lumi, Deflita R. N. and Ilat, Irene P. (2022) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 AMURANG. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan Penggunaan Media dalam Pembelajaran PAK di Kelas XI SMK Negeri 1 Amurang. Sebagai seorang pendidik, guru harus memiliki kemampuan dan kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran sangatlah membantu, terutama dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Media adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen adalah sarana atau alat yang dapat dipakai untuk menyampaikan materi Pendidikan Agama Kristen.
Penelitian ini mengambil 7 (tuju) orang responden, yang terdiri dari tiga orang Guru PAK dan empat orang siswa kelas XI. Data dikumpul dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data terkumpul dan dianalisis melalui teknik analisis kualitatif menghasilkan: kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang hanya lebih menekankan media buku mengakibatkan pada kurangnya minat belajar siswa dilihat dari respon siswa saat pembelajaran.
Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk lebih variatif dan kreatif dalam mengembangkan penggunaan media pembelajaran dan memberikan solusi yang lebih bijak untuk menangani permasalahan penggunaan media pembelajaran sehingga memungkinkan minat belajar siswa meningkat pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:28
Last Modified: 19 Jun 2024 07:28
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item
View Item