Iyone G. C. Mongkau, 1801177 and Binilang, Benny and Lausan, Mariana (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 LANGOWAN. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
Cover.pdf
Download (26kB)
Abstrak.pdf
Download (8kB)
Daftar Isi.pdf
Download (264kB)
BAB V.pdf
Download (156kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum darurat pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Langowan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Langowan provinsi Sulawesi Utara kabupaten Minahasa pada tahun 2022.
Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan analisis dan interpretasi data yang diperoleh dengan hasil bahwa: 1) implementasi kurikulum darurat pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Langowan sudah terlaksana dengan semestinya dengan penerapannya mengikuti ketetapan dan ajuran pemerintah dengan sekolah menyesuaikan keadaan dan situasi dari peserta didik bahkan guru. 2) Kendala dalam implementasi kurikulum darurat pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Langowan, kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum darurat ialah keterbatasan fasilitas internet serta jaringan yang tidak stabil yang membuat proses pembelajaran daring sulit untuk diaplikasikan bahkan guru mengalami kendala dalam menyajikan materi serta mengelolah proses pembelajaran daring dan luring dalam waktu yang bersamaan. 3) Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Kristen dan budi pekerti untuk mengatasi hambatan implementasi kurikulum darurat pada pembelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Langowan, Upaya yang dilakukan agar dapat memaksimalkan penerapan kurikulum darurat ialah dengan membuat perencanaan yang sesuai dengan waktu dan materi pada pelaksanaan pembelajaran daring dan luring yang dilakukan secara bersamaan, dibutuhkan kerjasama guru dan orang tua/wali dari peserta didik agar dalam proses pembelajaran daring orang tua bisa membantu lewat mengawasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dari rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum darurat, Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi pekerti |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:20 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:20 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/748 |