Anjaly P. Timbangalan, 1801011 and Selanno, Semuel and Tumbelaka, Marsel J. (2022) PERAN GURU PAK DALAM MEMBANGUN SIKAP SPIRITUALITAS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KABARUAN. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (228kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAK, menjelaskan faktor pendukung, faktor penghambat, dan upaya yang dilakukan guru PAK dalam membangun sikap spiritualitas siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kabaruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, di mana penelitian kualitatif sebagai suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tertulis ataupun secara lisan dari seseorang yang diamati.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru PAK dalam membangun sikap spiritualitas siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kabaruan sudah dilakukan dengan baik mulai dari proses pembelajaran dan peribadatan. (2) Faktor pendukung guru PAK dalam membangun sikap spiritualitas siswa kelas IX di SMP Negeri
3 Kabaruan adalah Lingkungan tempat tinggal, lingkungan bermain, dan lingkungan sekolah sendiri. (3) Faktor penghambat guru PAK dalam membangun sikap spiritualitas siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kabaruan yaitu faktor lingkungan sekitar, keluarga, dan keterbatasan fasilitas berupa LCD. (4) Upaya yang dilakukan guru PAK dalam mengatasi faktor penghambat dalam membangun sikap spiritualitas siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kabaruan yaitu dengan mendekati siswa secara pribadi, memberi nasihat, melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan baik peribadatan dan kegiatan positif lainya. Guna membentuk sikap spiritualitas siswa menjadi lebih baik.
Dari hasil temuan penelitian, maka direkomendasikan untuk guru pendidikan agama Kristen agar terus berupaya dalam membangun sikap spiritualitas siswa karena sikap spiritualitas siswa bisa gampang terpengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal siswa. Untuk itu peran dari guru pendidikan agama Kristen sangat dibutuhkan dalam membangun sikap spiritualitas siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru PAK, spiritualitas siswa |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:53 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:53 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/599 |