PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SDN MATUNGKAS

Pangemanan, Dientje (2011) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SDN MATUNGKAS. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan tindakan dalam pelaksanaan pembelajaran serta pemecahan persoalan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan – tindakannya dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi dimana praktik – praktik pembelajaran tersebut dilakukan.
Sumber data penelitian berasal dari proses kegiatan belajar mengajar dan evaluasinya pada siswa kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2010 – 2011 di SDN Matungkas. Jumlah siswa sebanyak 30 siswa, terdiri atas laki – laki adalah 19 siswa, sedangkan siswa perempuan berjumlah 11 siswa.
Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan kegiatan – kegiatan yang meliputi perencanaan. pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Dari hasil tes yang pertama pada siklus 1 masih banyak siswa yang nilainya di bawah nilai ketuntasan yaitu 62,3. Sedangkan tes kedua pada siklus 2 hasil belajar meningkat menjadi 83,7, terjadi peningkatan daya serap siswa sebesar 21,4. Pada siklus 1 siswa yang belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 60% dan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa berarti hanya 40% dari 30 siswa. Sedangkan pada siklus 2, siswa yang belum tuntas hanya sebanyak 4 siswa atau 13% berarti telah terjadi peningkatan ketuntasan perorangan siswa menjadi 26 siswa dari 30 siswa atau 87%, ini menunjukkan bahwa telah terjadi ketuntasan klasikal. Peningkatan signifikan ketuntasan klasikal siswa yaitu 47%.
Pengamatan perilaku dan keaktifan siswa dalam melaksanakan menggunakan media gambar berdasarkan pengamatan peneliti, menunjukkan siswa lebih antusias dalam menerima belajar, siswa aktif, bergairah, semangat dan partisipatif dalam pembelajaran.
Media gambar dapat mengefektifkan siswa dalam proses pembelajaran, sebab dengan media gambar siswa dapat berpartisipasi secara aktif di dalam kelas maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, prestasi belajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:28
Last Modified: 15 Jul 2022 06:28
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item