Juan Taluay, 1301084 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of Cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of Bab V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (259kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran PAK terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan Metode survei dan dokumentasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Manado pada tahun 2017.
Data dikumpulkan melalui angket (Kuesioner) dan dokumentasi (Raport Nilai Mid Semester). Dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa Media Pembelajaran PAK yang ditampilkan 80,39%, Hasil Belajar Siswa 76,12%. Dalam penelitian diperoleh korelasi antara Media Pembelajaran PAK terhadap Hasil Belajar Siswa sebesar 0,762 dengan nilai sig 0,000 (ρ > 0,05). Itu berarti bahwa hubungan Media Pembelajaran PAK mempunyai hubungan yang signifikan dengan Hasil Belajar Siswa. Selanjutnya dilakukan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya diperoleh keofisien regresi X sebesar 0,880 dan thitung (15,313) > ttabel (1,960) yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan variabel Media Pembelajaran PAK terhadap variabel Hasil Belajar Siswa. Semua hipotesis dalam penelitian ini diuji pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan diterima.
Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan (1) untuk guru haruslah mengembangkan Media Pembelajaran PAK secara kreatif di dalam kelas sehingga terjadi pembelajaran yang interaktif sehingga mampu meningkatkan Hasil Belajar, (2) Untuk Sekolah, bagi pihak sekolah kiranya menyediakan dan mengembangkan sarana prasarana khususnya Media Pembelajaran kepada guru – guru dan mengikutsertakan para guru dalam pelatihan untuk mengembangkan kreativitas guru dalam menggunakan Media Pembelajaran, (3) Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan agar terus melakukan penelitian lanjutan sejenis, terutama yang berkaitan dengan peningkatan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:14 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:14 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/395 |