Novita Natalia Santoso, 1301061 and Lope, Tindige Agus and Weol, Wolter (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTIS PERMATA HATI MANADO. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of Cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of Bab V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (257kB)
Abstract
Latar belakang, berawal dari hasil observasi lapangan yakni, SLB Khusus Autis Permata Hati Manado Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) strategi apa yang digunakan dalam pembelajaran PAK bagi anak autis, (2) faktor – faktor yang menunjang dari strategi pembelajaran PAK bagi anak autis, (3) faktor – faktor yang menghambat dari strategi pembelajaran PAK bagi anak autis, (4) upaya – upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran PAK bagi anak autis.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode yaitu (1) observasi, (2) wawancara mendalam (3) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dilengkapi dengan wawancara tidak terstruktur, kamera foto, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: (1) strategi yang digunakan adalah strategi kelompok-individu; (2) faktor pendukung terletak pada guru, siswa, orang tua / wali perangkat pembelajaran; (3) faktor yang menghambat antara lain: kurangnya kesiapan guru dalam mengajar, hilang kemauan belajar siswa, kurangnya media pembelajaran, tidak ada jadwal yang tetap untuk mata pelajaran PAK dan tidak ada guru yang memiliki latar belakang PAK; (4) Upaya – upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dari strategi pembelajaran untuk anak autis adalah kesiapan yang matang dari guru, menciptakan suasana yang menyenangkan, menggunakan media yang ada sekreatif mungkin, memberikan jadwal tetap untuk mata pelajaran PAK dan membuka lowongan kerja untuk guru yang memiliki latar belakang PAK, agar materi dan pembelajaran PAK dapat diterima oleh anak autis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, anak autis |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:17 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:17 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/390 |