GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PEMBELAJARANNYA DI SDN KALAMA KECAMATAN TATOARENG KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Yulpatma Tahulending, 0901160 and Makasar, A. and Barahamin, A. (2011) GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PEMBELAJARANNYA DI SDN KALAMA KECAMATAN TATOARENG KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah (1) Bagaimana Peran Guru Dalam Pembelajaran PAK (1) Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik dan (3) Menyenangkan bagaimana hubungan Guru PAK dengan pembelajaran menarik dan menyenangkan.

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu : 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi,4) srtudi kepustakaan.Istrumenpenelitian adalah peneliti sendidri dengan di lengkapi pedoman wawancara,tape recorder, dan catatan lapangan.Selanjutnya data lapangan di analisis dengan langkah-langkah : 1) reduksi data, 2) penyususnan, 3) kategori, 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5)penafsiran.

Berdasarkan hasil ananlisis data di peroleh kesimpulan : Keberhasilan Pembelajaran PAK banyak bergantung pada kretivitas guru. Peran Guru PAK dalam pembelajaranya adalah Guru sebagai perancang pembelajaran guru sebagai pengelolah pengajaran dan guru sebagai penilai prestasi belajar siswa (20 Menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di lakukan cara guru mengajar secara kreatif dan mengajar untuk kreatifitas.Guru mampu mengembangkan aktifitas,kretivitas dan motivasi siswa serta guru mampu mengola kelas yang baik. 3) Hubungan Guru PAK dengan pembelajaran menarik damn menyenangkan adalah guru PAK yang kretif, provesional dan menyenangkan yang memiliki kualifikasi dan kopetensi guru,memilki kemampuam spiritual maka dapat menciptakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat mengembangkan aktivitas,kretifitas dan motivasi serta keberhasilan siswa dalam pembelajarannya.

Maka disarankan (1) Guru PAK perlu secara continu mengembangakan diri sebagai guruPAK profesional yang memiliki spiritualitas kristiani (20 Perlu ada daya dukung Guru kreatif yakni sistim manajemen sekolah,kepemimpinan,peran orang tua dan selalu termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:26
Last Modified: 06 Apr 2022 07:26
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item