Meity Muhea, 0801618 and Ogelang, Johanis and Lamorahan, Max A. (2011) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 3 TAHUNA. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
![[thumbnail of cover.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf
Download (616kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf
Download (556kB)
![[thumbnail of bab V.pdf]](http://repository.iaknmanado.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab V.pdf
Download (586kB)
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan jalan/transportasi masuknya ilmu pengetahuan yang merupakan bekal anak bangasa. Selain membekali ilmu juga sebagai tempat pembinaan melalui pendidikan keagamaan. Selanjutnya pada diri siswa akan mengalami perubahan sikap. Orang tua adalah saalah satu mitra kerja guru dalam upaya meningkatakan prestasi belaajr anak. Tentunya pendidikan anak bukan semata menjai tanggungjawab sekolah atau guru. Yang sangat besar tanggung jawabnya ada di pundak orang tua. Orang tua jugalah yang pertama meletakkan dasar-dasar pendidikan dan pengajaran pada anak.
Permasalahan muncul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri 3 Tahuna. Dimana permasalahan belajar masih tinggi. Para siswa kurang aktif dan tidak kreatif, hasil belajar pun rendah, hal yg mengindikasikan adanya permasalahan belajar siswa yang belum terselesaikan, prestasi belajar siswa rendah. Pelaksanaan proses pembelajaran pun berjalan kurang menyenangkan, baik dari siswa maupun guru.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji secara teoretik tentang efektivitas komunikasi dan efektivitas belajar orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 3 Tahuna. Dan untuk mendapatkan gambaran bentuk-bentuk komunikasi pendidikan orang tua dan guru.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan : prestasi belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor, faktor yang sangat besar perannya yaitu orang tua dan guru. Dengan komunikasi yang efektif dari pihak orang tua dan guru, permasalahan belaja anak dapat teratasi sehingga membantu siswa meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah. Dengan memahami arti komunikasi, terutama komunikasi belajar, maka komunikasi orang tua dan guru di SD Negeri 3 Tahuna dapat dilakukan seefektif mungkin bagi terciptanya hubungan dan kerja sama yang menguntungkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 07:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 07:14 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/258 |