Semuel Mananggu, 0801623 and Bastian, Roos Pontororing and Wengen, Raden Ch. (2011) PENGGUNAAN METODE SIMULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PAK DI SDN INPRES MALA KECAMATAN TABUKAN UTARA KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
cover.pdf
Download (47kB)
abstrak.pdf
Download (658kB)
daftar isi.pdf
Download (644kB)
bab v.pdf
Download (604kB)
Abstract
Masalah penelitian adalah (I) Bagaimana konstribusi metode simulasi dalam pernbelajaran PAK (2) Bagairnana proses penggunaan metode simulasi pada pembelajaran PAK (3)Bagaimna bentuk aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran PAK dengan rnenggunakan me lode simulasi.
Penelitian ini menggunakan pendekan kualitarif Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : I) wawancara, 2) Observasi, 3) dokumentasi, 4) Studi kepustakaan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi
pedoman wawancara, tape rocorder, dan catatan lapangan. Selanjutnnya data
lapangan dianalisis dengan langkah-langkah : I )reduksi data, 2) Penyusnan, 3)
kategori , 4) pemeriksaan keabsahan data dan 5) penafsiran.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : ( I )SD Negeri lnpres Mala rnerniliki pengernbangan dan kualitas pembelajaran yang selalu mengalami peningkatan baik Sumber Daya Guru yang profesional. kcgietan-kcgiaran ketrampilan maupun kesenian dan olahraga serta pengcmbangan sarana prasana yang memadai. Dernikian juga telah memiliki sumber belajar /buku paket untuk Guru dan siswa.(2) Penggunaan metode simulasi esensinya menyajikan rnateri pelajaran rnelalui objek atau kegiatan pernbelajaran yang bukan sebenarnya. Pengalaman belajar yang dipcroleh dari mctode ini meliputi kernampuan kerja sama, kornunikatif, dan menginterprerasikan suatu kejadian. Metode Simulasi mcnjadi salah satu pilihan metode pernbelaiaran PAK karena merode simulasi dapat rnembuat siswa berinteraksi sosial clan kominikasi dalam kelompoknya. Aktivitas siswa cukup tinggi dalam pcmbclajaran. membiasakau siswa untuk mernaharni permasalahan sosial dan melalui kegiatan kelompok dalam simulasi dapat membina hubungan personal yang positif dan kerja sama serta membangkitkan irnajinasi (3) Metode simulasi meningkatkan aktivitas belajar siswa menjalin kerja sama, komunikatif dan interaktif serta rcsponsif dalam pembelajarannya. (4) Metode simulasi dapat rneningkatkan hasil belajar siswa daya serap siswa 66.67 naik menjadi 83,33.-
Maka perlu sarankan dapat (I) mengembangkan rasa percaya diri para siswa clan rnengurangi rasa takut. (2) Memberikan kesernpatan kepada seluruh siswa untuk bcrkomunikasi ilmiah secara bebas terarah (3) Agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif , maka guru harus mampu me:nilih metode mengajar yang paling sesuai. Proses pembelajaran akan efektif jika bcrlangsung dalam situasi dan kondisi yang koudusif, hangar, menarik, rnenyenangkan, dan wajar. Oleh karena itu guru perlu rnernahami berbagai metode mengajar dengan bcrbagai karakteristiknya, sehingga rnampu mcmilih metode yang tepat clan rnampu rnenggunakan rnetode mengajar yang bervariasi sesuai dengan tujuan rnaupun kompetensi yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 07:05 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 07:05 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/256 |