PENINGKATAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TAHUNA TIMUR

Salnitje Kundimang, 0801621 and Bastian, Roos Pontororing and Wengen, Raden Ch. (2011) PENINGKATAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TAHUNA TIMUR. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (684kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah (1) bagaimana pengembangan profesional Guru PAK (2) bagaimana kegiatan / program pengembangan profesi Guru PAK SD di Kecamatan Tahuna Timur (3) Faktor – faktor apa yang mempengaruhi rendah kegiatan / program pengembangan profesi Guru PAK SD di Kecamatan Tahuna.
Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi, 4) studi kepustakaan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi pedoman wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Selanjutnya data lapangan dianalisis dengan langkah – langkah: 1) Reduksi data, 2) Penyusunan, 3) Kategori, 4) Pemeriksaan keabsahan data dan 5) Penafsiran.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAK bagi Guru PAK Sekolah Dasar di Kecamatan Tahuna belum nampak. Karena kreativitas guru PAK dalam mengajar terbatas, mereka terlalu banyak dibebani oleh aturan administratif seperti program tahunan, program semester, silabus pembelajaran, rencana pembelajaran, dan sebagainya. (2) Kegiatan / program pengembangan profesi Guru PAK SD di Kecamatan Tahuna baru terbatas pada (a) Kelompok Kerja Guru PAK (KKG-PAK). (b) Pelatihan Guru PAK. (c) Pengawasan dan Supervisi serta pembinaan Guru PAK di sekolah lebih menekankan pada kelengkapan administratif daripada kemampuan akademis. (d) Kesempatan peningkatan karier dan pendidikan bagi Guru PAK tidak ada. (e) Belum dibentuknya asosiasi profesi Guru PAK (PERGAKRI) sebagai wadah pengembangan profesi Guru PAK. (3) Faktor – faktor yang mempengaruhi rendah kegiatan / program pengembangan profesi Guru PAK SD di Kecamatan Tahuna adalah (a) Tidak tersedianya dana yang memadai dari berbagai kegiatan (b) Tenaga Pengawas Guru PAK yang tidak memadai dengan ratio jumlah sekolah. (c) Motivasi Guru PAK sangat rendah.
Maka perlu disarankan (1) Adanya sistem pengontrol dalam melaksanakan pelatihan Guru PAK (2) Adanya sistem evaluasi yang sistematik dan periodik yang dapat mengukur efektivitas dan dampak pelatihan bagi keberhasilan (3) Perlu mendesak untuk dibentuk Persatuan Guru Agama Kristen di kabupaten dan kecamatan. (4) Guru Agama Kristen perlu dilatih tentang penulisan karya ilmiah. (5) Perlu ada anggaran pendidikan yang cukup untuk meningkatkan kesejahteraan guru dengan sistem dan mekanisme yang jelas sehingga pendapatan guru dapat meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:02
Last Modified: 16 Mar 2022 07:02
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item