Mardientje Entingunusa, 0801585 and Matoneng, M. R. and Awaeh, A. M. (2011) KETELADANAN GURU PAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISWA SDN INPRES LIRUNG KAB. KEPL. TALAUD. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.
COVER.pdf
Download (44kB)
ABSTRAK.pdf
Download (653kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (606kB)
BAB V.pdf
Download (631kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Keteladanan guru PAK dan pengaruhnya terhadap siswa SDN Inpres Lirung Kab. Kepl Talaud.
Keteladanan merupakan kata yang mudah di ucapkan namun sangat jarang kita kerjakan atau dapatkan di masa-masa sekarang. Keteladanan sangat kita butuhkan sekarang di semua sisi kehidupan, baik berkaitan dengan diri sendiri,
keluarga, lingkungan sckitar, sekolah, rnasyarakat, umat, negara dan bangsa.
Karena ketefadanan seorang ayah dan ibu yang baik, maka sang anak bisa menjadi anak yang saleh, berbakti dan mampu menyenangkan kedua orang tuanya Karena keteladanan seorang guru dan pengajar, seorang murid mampu dididik menjadi pelajar yang tidak hanya pintar dalam hal akaderni narnun berbudi luhur. Karena keteladanan seorang pirnpinan di instansi, seorang bawahan akan mengerti cara-cara bekerja yang baik dan efektif untuk melayani kepentingan masyrakat. Karena keteladanan pulalah dari seorang pemirnpin, maka rakyat akan bersemangat dalam membangun bangsanya menyongsong pembangunan di era sekarang. Dalam kaitannya dengan pendidikan keteladan adalah bagian yang sensitif yang sangat mempengaruhi basil dari proses pembelajaran, Mendidik tanpa diiringi sikap keteladanan tak ada bcdanya dengan bercerita kcpada orang yang tidur pulas, hasilnya adalah sia-sia. Keteladanan mengandung sebuah konsekwensi apa yang kita sarnpaikan pada siswa, pada dasarnya tidak hanya cukup dengan kata-kata saja. Kata-kata perlu ditopang oleh sikap atau perbuatan yang nyata.
Dalam kaitannya dengan pendidikan kereladan adalah bagian yang sensitif yang sangat mempengaruhi hasil dari proses pembelajaran. Keteladanan adalah sikap mendidik yang utama, karena keteladanan Guru merupakan syarat mutlak dalam proses pengajaran dan pembelajran. Dengan demikian guru harus menyadari bahwa sikap dan perilaku guru mempegaruhi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan penulis menganalisa sesuai fakta yang ditemui bahwa guru PAK di SON lnpres Lirung belum dapat menberikan keteladanan yang baik bagi seluruh siswa, Semestinya guru sebagai pendidik utama di sekolah harus dapat rnemberikan comoh yang baik, dan menjadi teladan bagi siswa dalam sikap dan tingkah laku sehingga dapat membimbing anak dalam iman dan memiliki etika dan karakter kristiani.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 05:13 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 05:13 |
URI: | http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/248 |