PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAK DI SMP SATAP NEGERI 1 NANUSA KABUPATEN TALAUD

Grasiani M. Ipu, 0801578 and Dodolang, Efert Y. and Awaeh, A. M. (2011) PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAK DI SMP SATAP NEGERI 1 NANUSA KABUPATEN TALAUD. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Pengaruh pelaksanaan disiplin kepada siswa dalam upayan meningkatkan prestasi belajar PAK di SMP SATAP Negeri 1 Nanusa. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan referensi dan rujukan di bidang pendidikan untuk memperhatikan usaha usaha pentingnya penegakan disiplin sebagai bagian untuk proses pembelajaran PAK. Untuk membekali penulis dalam usaha untuk memahami permasalahan-permaslahan yang terjadi dalam bidang pendidikan sekaligus upaya penulis dalam tanggung jawab pelayanan masyarakat memberikan sumbangsi yang positif melalui usaha peningkatan sumber daya penulis sebagai seorang tenaga edukatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan disiplin yang ditegakkan/dilaksanakan di SMP SATAP Negeri 1 Nanusa, pada umumnya dipahami dan diresponi oleh siswa yang baik, hal ini terlihat siswa memilki pemahaman yang tepat terhadap arti disiplin, yaitu peraturan yang sudah ditetapkan dan harus ditaati, hukuman melatih atau memperbaiki kelakuan siswa dan sebagai alat untuk mendidik untuk meningkatkan prestasi belajar. Tujuan disiplin juga dipahami secara benar oleh siswa. Adapun disiplin yang dilaksanakan di SMP SATAp Negeri 1 Nanusa yaitu disiplin secara otoriter, disiplin secara bebas dan disiplin secara demokratis. Karena guru PAK sering melaksanakan pada saat mengajara adapun disiplin yang diberikan oleg guru PAK kepada siswa saat belajar yaitu secara otoriter ditegakkan adalah selama jam pelajaran berlangsung siswa dilarang keluar lingkungan kelas dan sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru PAK lebih berperan penting dalam menegakan disiplin kepada siswa secara konsekuen dan konsisten karena Guru PAK bukan hanya membaut siswa maju dan berkembang dalam ilmu pengetahuan, keterampilan, budi pekerti, perilaku dan Iman kepada Tuhan, selama mengajar tidak hanya mengajar Ilmu Pengetahuan kepada siswa tetapi memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyisipkan nilai-nilai pendidikan kepada siswa agar selain siswa cerdas, berilmu terlebih beriman kepada Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:04
Last Modified: 14 Mar 2022 04:04
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item
View Item