PENGARUH KOMPETENSI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES KOLONGAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Woi Siri Relam, 0801362 and Matoneng, M. R. and Awaeh, A. M. (2011) PENGARUH KOMPETENSI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES KOLONGAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of penutup.pdf] Text
penutup.pdf

Download (149kB)

Abstract

Mengingat pentingnya peran guru di sekolah maka seorang guru harus profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik, maka profesionalisme guru harus dibangun melalui penguasan kompetensi yang secara nyata diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kompetensi tersebut digunakan sebagai pemacu guru dalam melaksanakan kerjanya sebagai pendidik.
Guru selalu meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas melalui kegiatan pembelajaran, upaya guru dalam meningkatkan minat siswa sangat diperlukan, antara lain dengan pendekatan pengelolaan kelas yang baik, kemampuan guru dalam menciptakan kondidi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar mengajar dengan baik sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai.
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar menyangkut pengelolaan pembelajaran, dalam menyampaikan materi pelajaran harus dilakukan secara terencana dan sistematis, sehingga tujuan pengajaran dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien. Kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terlihat dalam mengidentifikasi karateristik dan kemampuan awal siswa, kemudian mendiagnosis, menilai dan merespon setiap perubahan perilaku siswa.
Kompetensi profesional guru dikelompokkan ke dalam dua bagian yaitu kompetensi substantif dan non substantif. Kompetensi substantif diartikan sebagai kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruan yang dapat dilihat dari kemampuan merencanakan program belajar mengajar, mengelola dan melaksanakan proses belajar mengajar, dan melakukan evaluasi hasil proses belajar mengajar. Kompetensi non substantif diartikan sebagai kemampuan dalam hal landasan dan wawasan pendidikan, serta kepribadian, profesi dan pengembangan dari guru yang bersangkutan.
Motivasi memilki pengaruh terhadap perilaku belajar siswa, yaitu motivasi mendorong mengangkatnya semangat dan ketekunan dalam belajar. Motivasi belajar memegang peranan yang penting dalam memberi gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar sehingga siswa yang mempunyai motivasi tinggi mempunyai energi yang bayak untuk melaksanakan kegiatan belajar yang pada ahlinya dan mampu memperoleh prestasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAK, Minat Belajar dan Pengelolaan Kelas
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 10 Mar 2022 06:38
Last Modified: 10 Mar 2022 06:38
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item