MENGGUNAKAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AYAT ALKITAB DI SD INPRES MOHONGSAWANG

Pitje Briel, 0801267 and Lambanaung, N. T. and Horman, A. C. (2011) MENGGUNAKAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AYAT ALKITAB DI SD INPRES MOHONGSAWANG. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (600kB)

Abstract

Meningkatkan kemampuan baca dan tulis bagi anak SD perlu dilakukan dengan cara yang tepat dan baik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, tetapi belum tentu semua dapat menjawab permasalahan belajar anak di kelas. Dengan pola latihan dan pembiasaan pada anak, dapat memunculkan keterampilanyang dapat menunjang anakdalam melakukan aktivitasnya, khususnya kegiatan membaca dan menulis. Membaca dan menulis biasanya merupakan target utama guru di SD pada siswa kelas I sampai kelas II. Akan tetapi di SD Inpres Mohongsawang, masih banyak siswa kelas III bahkan kelas IV yang mengalami kesulitan belajar PAK, terutama membaca Alkitab secara baik dan benar. Tidak salah jika guru PAK memberikan pola pembelajaran dengan menuntun siswa agar dapat membaca dengan lancar, terutama membaca Alkitab. Metode drill (latihan) dapat diberikan oleh guru dalam pembelajaran PAK.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan pola pembelajarab PAK menggunakan Metode drill di SD Inpres Mohongsawang dan melihat bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa lewat pembelajaran menggunakan metode drill.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan pembelajaran menggunakan metode drill membuat kemampuan menulis dan membaca ayat Alkitab pada siswa kelas III SD Inpres Mohongsawang meningkat secara signifikan dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode ini meningkatkan minat dan motivasi belajar anak, terutama menulis dan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:09
Last Modified: 09 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item
View Item