METODE KARYA WISATA DAN KESADARAN LINGKUNGAN ( Suatu Studi Empirik Terhadap Siswa SMPN 1 Rainis)

Fielma Lompi Liunsanda, 0801081 and Dodolang, Efert Y. and Awneh, A. M. (2011) METODE KARYA WISATA DAN KESADARAN LINGKUNGAN ( Suatu Studi Empirik Terhadap Siswa SMPN 1 Rainis). Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Karyawisata sebagai Metode PAK Dalam Menumbuhkan Kesadaran Siswa SMPN 1 Rainis Terhadap Kerusakan Lingkungan.
Manfaat penelitian ini adalah agar setiap guru PAK menyadari bahwa tanggungjawab melestarikan alam lingkungan adalah salah satu identitas dan tanggung jawab guru PAK. Memberi gambaran dan wawasan yang jelas mengenai peran guru PAK dalam membangun kesadaran anak terhadap pentingnya lingkungan berdasarkan kesaksian Alkitab. Menyumbangkan pemikiran kepada guru-guru PAK di SMP Negeri 1 Rainis tentang pentingnya kesadaran lingkungan sebagai sikap hidup orang berimana. Untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi penulis dalam melaksanakan Tugas sebagai mahasiswa maupun guru yang professional.
Hasil penelitian menunjukkan para murid sangat merasa lebih paham dan menyatuh dengan lingkungan ketika menggunakan metode karyawisata dalam usaha membangun kesadaran lingkungan. Hal ini dikemukakan karena menurut mereka metode karyawisata adalah salah satu metode yang langsung mendekatkan murid dengan objek atau sasaran yang mau di tuju. Dalam hubungan dengan tugas sebagai seorang guru PAK maka tugas dan tanggung jawab guru PAK ialah mengajar, mendidik dan menanamkan PAK kepada Anak didik agar dapat mengerti tentang PAK, dapat meningkatkan potensi para murid dan membawa perkembangan, khususnya dalam pembentukan karakter.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa gereja perlu didorong menuju pelayanan yang berorientasi sadar lingkungan, penyadaran cinta lingkungan haruslah dimulai sejak dini dari sekolah minggu anggota jemaat ditanamkan kecintaan pada lingkungan, dan tentunya tanpa mengabaikan pendididkan keluarga. Lewat kurikulum PAK juga dianjurkan untuk diberikan materi yang lebih banyak tentang lingkungan dan kecintaan terhadap lingkungan. Seminar yang menghadirkan semua warga jemaat ataupun bisa dibagi lewat pelayanan khusus baik Ibu, Bapak, Pemuda, Remaja, dan Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:20
Last Modified: 07 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item