PERAN BIMBINGAN KONSELING GURU PAK PADA SISWA MEROKOK DI SMP NEGERI 2 TARUN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Deitje Bangkulu, 0801044 and Dodolang, Efert Y. and Soga, Agus (2011) PERAN BIMBINGAN KONSELING GURU PAK PADA SISWA MEROKOK DI SMP NEGERI 2 TARUN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang PERAN BIMBINGAN KONSELING GURU PAK PADA SISWA MEROKOK DI SMP NEGERI 2 TARUN Kabupaten Kepulauan Talaud, agar setiap guru PAK menyadari bahwa pelayanan bimbingan konseling kristiani adalah salah satu identitas dan tanggung jawab guru PAK, memberi gambaran dan wawasan yang jelas mengenai peran Guru PAK tentang bimbingan konseling berdasarkan kesaksian Alkitab kepada guru PAK, Kepl Talaud tentang peran guru Pak dalam pelaksanaan bimbingan konseling, menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi penulis dalam melaksanakan bimbingan konseling kristiani di SMP Negeri 2 Tarun.
Hasil penelitian menunjukkan, peserta didik di usia remaja awal SMP dibutuhkan nasihat dan arahan dalam menghadapi masalah karena diusia ini masih lebih gelisah dan rapuh sehingga mereka membutuhkan seorang guru pembimbing/konselor yang memiliki peran sebagai pemimpin, model/contoh, komunikator/sahabat, dan pembimbing. Selain peran sebagai pemimpin, peran guru sebagai sahabat dan pembimbing sangat dibutuhkan pada usia ini. Sebab guru atau pembimbing yang berperan sebagai sahabat akan mendapat tempat dihati siswa. Guru PAK sangat diperlukan dalam memahami perannya dalam bimbingan konseling yang begitu penting. Namun masih ada hambatan antara lain : kepentingan keluarga, keterbatasan fisik, dan tersitanya waktu dengan kegiatan waktu dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah supaya guru PAK dimasukkan dalam struktur BK dan diberi tempat mempraktekkan kompetensinya sebagai tenaga pembimbing/konselor dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Guru PAK hendaknya secara khusus diperlengkapi dengan pelatihan dan keterampilan dalam melaksanakan bimbingan konseling kristiani. Guru PAK hendaknya memiliki program layanan bimbingan konseling kristiani yang jelas dan dikoordinasikan dengan kepala sekolah. Guru PAK hendaknya melaksanakan konseling di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:14
Last Modified: 02 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item