PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAK UNTUK MENGUKUR PRESTASI BELAJAR SISWA

Christ Thomas, 0801033 and Oleng, Malohing and Lumi, D. R (2011) PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAK UNTUK MENGUKUR PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Institut Agama Kristen Negeri Manado.

[thumbnail of COVER.PDF] Text
COVER.PDF

Download (152kB)
[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.PDF] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.PDF] Text
BAB V.PDF

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : a. Bagi Guru: sebagai pedoman menyusun pembelajaran selanjutnya. Mempermudah mengidentifikasi permasalahan belajar anak efektivitas belajar dikelas lebih baik, komunikasi antara siswa dan guru lebih lancar. b. bagi Siswa: Kegiatan belajar siswa semakin baik dan lancar, motivasi belajar semakin baik belajar, baik antara teman maupun dengan guru semakin baik. c. Bagi Sekolah: dapat menjadi pedoman pada penyusunan program pembelajaran selanjutnya.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1). Dengan metode tanya jawab, proses pembelajaran PAK di kelas lebih efektif, kondusif dan menyenangkan. Siswa semakin menunjukkan sikap belajar yang baik penuh aktivitas dan kreativitas. Hasil belajar PAK meningkat sebagai dampak dari peningkatan hasil belajar atau motivasi belajar siswa.

Dari hasil kesimpulan di atas disarankan : 1). Menggunakan metode tanya jawab guru harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan dan karakter siswa, materi pelajaran dan berbagai potensi sekolah. 2) Perlu memperhatikan hal-hal yang mendukung proses belajar (terutama media pembelajaran, kesiapan mengajar guru dan perangkat pembelajaran) sehingga pada setiap pelaksanaan proses pembelajaran akan berjalan sebagaimana yang diharapkan. 3) Perlu ada kerjasama yang baik antara guru-guru di sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. 4). Penyusunan program pembelajaran berikutnya hendaklah memperhatikan hasil pembelajaran sebelumnya sehingga akan dengan mudah menemukan berbagai alternatif bagi peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PAK di Kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Ilmu Pendidikan Kristen > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Unnamed user with email stakn.manado@gmail.com
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:19
Last Modified: 02 Mar 2022 04:19
URI: http://repository.iaknmanado.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item